Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke 72 Berlangsung Khidmat

62

BL, – Memperingati hari Pahlawan ke 72 tahun tepatnya jatuh pada hari ini Jum’at tanggal 10 November 2017. Bertempat di makam pahlawan: Puspa Bakti Kabupaten Lahat, Pemkab Lahat bersama unsur TNI, Polri, Organisasi pemuda, pejuang veteran perang, pelajar, mahasiswa, Ormas, tokoh adat, agama dan masyarakat melaksanakan upacara peringatan dan tabur bunga sebagai bentuk penghargaan dan mengenang para pahlawan.

Bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup, red) Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIK, upacara ini dihadiri langsung oleh Bupati Lahat H. Aswari Riva’i S.E, Dandim 0405 Letkol Czi Srihartono, Herliansyah Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Sekda Kabupaten Lahat H. Heriyanto dan ASN Pemkab Lahat.

Selesai melaksanakan upacara ini, kemudian para peserta dengan dipimpin Irup didampingi Bupati serta unsur pemerintahan melakukan tabur bunga di makam para pahlawan.

Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIK melalui Kasubag Humas Polres Lahat Ipda Sabar T mengungkapkan, memperingati Hari Pahlawan merupakan saat yang tepat untuk mengevaluasi ulang pemahaman kita akan arti pahlawan. Jika tidak, ia hanya akan menjadi seremoni tanpa makna, tak membuat perubahan apa pun bagi negara.

“Dimana perlu dipahami peristiwa 10 November merupakan peristiwa penting bagi bangsa Indonesia, dimana pada waktu itu Indonesia yang belum lama memproklamirkan kemerdekaan sedang gencar-gencarnya membangun semangat kemerdekaan serta membangun legitimasi kedaulatan bangsa. Jadi sebagai generasi penerus kita harus mentauladani para pahlawan ini,” ungkapnya.

Ditambahkan Sabar, jangan sampai seiring berjalannya waktu sejarah dan makna serta semangat dari hari pahlawan mulai dilupakan. Tanggung jawab itu seolah dibebankan semuanya di dunia pendidikan.

“Mari berbuta dan mari dengan semangat hari pahlawan ini kita sebagai warga Negara Indonesia bisa menanamkan arti pentingya persatuan dan kesatuan. Tetap jaga kerukunan agar pengorbanan darah para pahlawan tidak sia sia,” ajaknya.

Sementara itu Gia ketua KNPI Kabupaten Lahat saat dibincangi menyampaikan pandangannya perihal peringatan hari pahlawan ini. Dikatakannya, sebagai generasi muda hendaknya bisa berperan aktif dalam mencapai tujuan dan cita cita bangsa untuk menjadi bangsa yang besar.

“Disinilah peran generasi muda tak pernah putus dari sejarah bangsa ini. Jika kita menilik ke belakang, dulu kaum terpelajar yang memperoleh kesempatan untuk menikmati pendidikan mempunyai satu cita-cita besar bagaimana bangsa ini bisa merdeka dari belenggu penindasan kolonial, mari berbuat untuk bangsa dimulai dari diri kita sendiri,” imbuhnya.

Minimnya kreatifitas dalam mengajarkan nilai-nilai kepahlawanan seolah menjadi titik nadir dalam perjalanan bangsa. Rasa kepedulian yang sangat kecil dari kelompok masyarakat seolah menjadi jawaban bahwa tidak ada keuntungan baik moril maupun materil jika mengenal para pahlawan.

“Sadar tidak sadar bangsa ini sedang mengalami sebuah penjajahan gaya baru dimana penjajahan ini tidak dalam bentuk kekerasan fisik dan baku tembak namun terbentuk secara sistematis, terstruktur dan masif.┬áKasat mata akan tetapi justru penjajahan gaya baru ini sangat berbahaya dimana seluruh aspek baik ekonomi, sosial, politik, budaya serta menghancurkan generasi muda bangsa. Kita lihat saja kondisi bangsa ini dimana krisis mental, Narkoba, konflik agama, pemecah belahan diseluruh sisi, krisis kepemimpinan, korupsi yang merajalela, kasus asusila terhadap anak serta degradasi moral hilangnya rasa malu kita sebagai bangsa timur. Selamat hari pahlawan, tanamkan selalu jiwa dan semangat pahlawan di diri kita,” pungkasnya.(leo pangpang/02).